Rabu, 27 November 2013

ANALISIS KEKUATAN DAN KELEMAHAN AMAZON.COM

Suatu hal yang menarik ketika kita mencoba untuk mengangkat topik tentang sebuah perusahaan besar yang bergerak dan tumbuh menjadi raja perdagangan virtual dan tokoonline terbesar didunia yang menyediakan berbagai macam kebutuhan konsumen dari berbagai belahan dunia yaitu Amazon.com, pendiri dari Amazon.com yang juga peraih man of the year pada tahun 1999 Jeffrey P. Bezos mendirikan amazon.com pada tahun 1994 dengan penuh keyakinan, komitmen, dan kualiatas keahlian yang baik mampu menjadikan amazon.com sampai saat ini sebagai salah satu perusahaan perdagangan terkemuka dan terpopuler didunia, dan dari amazon.com ini juga mampu membuat bezos sebagai salah satu orang terkaya didunia pada usia yang sangat muda, 33 tahun.dan ini merupakan pencapain yang sangat produktif terjadi di dalam bisnis perdagangan virtual.
Pada tahun 1995, Amazon.com membuka situs ecommerce-nya, produk awal yang mereka jual secara online pertama sekali adalah buku dan kemudian berkembang secara cepat ke produk-produk lainnya seperti DVD, CD Musik, Tape dan sebagainya hingga akhirnya saat ini amazon memiliki ribuan produk dengan berbagai jenis produk yang berbeda untuk dijual. Menjadi salah satu perusahaan yang berbasis pelanggan dengan jutaan orang, dimana pelanggan dapat menemukan segala keperluan mereka dan membelinya secara mudah dengan system online ditambah lagi dengan harga yang murah. Bisnis yang dikembangkan amazon.com merupakan bisnis yang sangat menarik dan kuat, kemudian memiliki returns of capital yang tinggi serta bereoperasi pada segmen yang sangat luas, karakteristik ini lah yang menjadikan amazon.com menjelma manjadi market leader dalam dunia perdagangan virtual. Karena bisnis yang di kembangkan merupak bisnis yang sangat berbasis kepada konsumen, apalagi ditengah-tengah minim nya waktu bagi konsumen dalam berbelanja secara konvensional maka melalui ecommerce ini lah amazon mencoba menawarkan solusi berbelanja dengan efektif, efesien, kapan pun, dan dimana pun dengan hanya satu syarat terkoneksi dengan jaringan internet ditambahkan harga yang ditawarkan juga sangat bersaing.
Identifikasi kekuatan dan kelemahan Amazon.com
KEKUATAN
Amazon merupakan sebuah perusahaan yang sangat profitable,karena perusahaan ini sebagi pionir di online retail, dengan keahlian dan kekuatan yang dimiliki amazon.com saat ini membuat beberapa perusahaan besar mengajak amazon.com untuk menjadi partner mereka dalam penjualan produk produk mereka dalam sebuah ikatan joint venture, ini seperti dilakukan oleh perusahaan besar marks and spencer yang mengajak amazon untuk menjadi mitra penjualan mereka, dan banyak perusahaan terkemuka lainnya yang menjadi mitra bisnis amazon.com.
Dengan berbasis jariangan virtual membuat peningkatan komunitas konsumen yang semakin luas dan meningkat, hal ini dikarenakan kemudian dalam bertransaksi yang ditawarkan oleh amazon.com, perkembangan zaman membuat internet digunakan oleh semua lapisan usia dan sangat memudahkan bagi amazon untuk memperkenalkan produk yang mereka jual, ditambah lagi kemudahan pembayaran secara online yang juga direspon oleh lembaga Bank dengan mengeluarkan program e-banking, sehingga sangat memudahkan bagi konsumen dalam bertransaksi.
Penerapan strategi pemasaran yang sangat baik dan terpercaya membuat amazon mudah untuk melakukan kerjasama distribusi barang dengan perusahaan distribusi, sehingga hal membuat hemat biaya,keamanan terjaga dan ketepatan jadwal tiba barang terjaga dengan baik.
KELEMAHAN
Kalo kita membahas serangkaian kelemahan dari amazon.com, kita akan teringat bagaimana sebuah perencanaan bisnis yang latah ketika amazon menambah kategori baru dalam bisnisnya yang bernama Toy-R-Us untuk kategori penjualan mainan. Dan hal ini akan membingungkan konsumen dan membahayakan positioning merek dari amazon.com di tengah-tengah masyarakat perdagangan dunia, dan saya kira amazon.com perlu mengkaji kembali beberapa bisnis alternatif nya yang sedang dikembangkan agar tidak ada multi tafsir yang terjadi dalam bisnis amazon.
Meskipun amazon sudah memiliki kerjamasama yang baik dengan perusahaan distribusi, ada baiknya amazon juga sudah mulai berfikir tentang pengiriman barang dengan imbalan Cuma-Cuma, mengingat kalau kita bandingkan konsumen yang datang ke toko konvensional yang hanya membayar untuk produk yang dia beli tanpa ada beban pembayaran tambahan lainnya.
Dengan penjualan virtual dan e-commerce sangat memungkinkan terjadinya sabotase dan dirusaknnya system penjualan amazon.com oleh hecker, dan hal ini juga harus menjadi konsentrasi terpenting bagi amazon untuk menjaga brand image di mata konsumen dunia, belum lagi apabila terjadi transaksi pembayaran melalui pembobolan kartu kredit yang secara otomatis akan berdampak yang tidak menguntungkan bagi amazon.com
Berbelanja melalui amazon memang sudah sangat mudah namun Pada perkembangannya pembelanja sering mengalami kesulitan menemukan barang yang mereka cari, hal ini disebabkan belum ada cara yang mudah dan sederhana dalam transaksi penjualan dan transaksi pembayaran, disamping belum maksimalnya surfing e-commerce.


Kelebihan TokoBagus.com:
1. Ada fitur “Verified Member” dimana kita bisa lebih meyakinkan pembeli bahwa kita adalah penjual yang sudah termasuk verified member.
2. Terkadang TokoBagus.com sendiri yang kerja keras memasarkan produk-produk para penjual lewat facebook dan google.

Kelemahan TokoBagus.com:
1. Tidak ada fitur “SUNDUL GAN” (menaikkan ratting suatu lapak yang menjual suatu barang,lapak disini maksudnya adalah kolom yang disediakan bagi para penjual barang). jadi lapak kita akan semakin tenggelam dengan banyaknya lapak-lapak yang baru saja dibuat oleh para penjual lainnya.
2. Tidak ada kebebasan dalam berkreasi di dalam lapak.
3. Tidak terlihat adanya aktivitas jual beli atau diskusi antara penjual dan pembeli. jadi kelihatannya seperti penipuan barang online.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar